Kupas Tuntas Tentang Rights Issue Saham: Pengertian, Tujuan, Mekanisme, dan Dampaknya!

Apa itu rights issue – Di pasar modal, perusahaan publik memiliki berbagai cara untuk mendapatkan dana tambahan guna membiayai ekspansi bisnis, membayar hutang, atau keperluan lainnya. Salah satu cara yang ditempuh oleh perusahaan untuk mendapatkan dana tambahan tersebut adalah melalui right issue atau hak memesan efek terlebih dahulu.

Pengertian Rights Issue

Apa itu rights issue?  rights issue adalah proses penerbitan saham baru oleh perusahaan kepada pemegang saham eksisting (pemegang saham yang tercantum dalam daftar pemegang saham perusahaan hingga tanggal efektif restrukturisasi dan sebelum penerbitan ekuitas baru) dengan harga yang umumnya lebih rendah dari harga pasar.

Atau rights issue adalah penawaran saham baru oleh perusahaan kepada pemegang saham yang sudah ada dengan memberikan hak kepada mereka untuk membeli saham tersebut sebelum ditawarkan kepada publik atau investor lain dengan harga yang lebih murah dari harga pasar.

Tujuan rights issue:

Berikut adalah beberapa alasan perusahaan melakukan rights issue :

1.      Menggalang dana tambahan:

Seperti disinggung di atas, perusahaan umumnya melakukan rights issue adalah untuk mendapatkan dana tambahan untuk berbagai keperluan, diantaranya untuk ekspansi bisnis, pembiayaan proyek baru, atau meningkatkan kapasitas produksi.

rights issue sendiri merupakan cara yang efektif dan efisien yang dapat ditempuh perusahaan untuk memperoleh dana tersebut tanpa harus meningkatkan beban hutang perusahaan.



2.      Mengurangi beban utang

Dana yang diperoleh dari rights issue bisa dipakai oleh perusahaan untuk membayar hutang. Dengan cara ini, struktur modal perusahaan menjadi lebih sehat, dengan rasio hutang terhadap ekuitas yang lebih rendah.

3.      Meningkatkan modal kerja

Tujuan rights issue selanjutnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan modal kerja. Modal kerja yang lebih besar memungkinkan perusahaan untuk beroperasi dengan lebih lancar dan dapat mengurangi risiko likuiditas. Baca Juga: 6 Kriteria Lo Kheng Hong Dalam Memilih Saham Untuk Di Investasikan

4.      Memperbaiki struktur modal

rights issue dapat digunakan sebagai cara untuk memperbaiki struktur modal perusahaan. Dengan menerbitkan saham baru, perusahaan dapat meningkatkan ekuitasnya, yang pada akhirnya bisa memperkuat neraca perusahaan dan meningkatkan daya tarik di mata investor.

Mekanisme Rights Issue

Ada beberapa tahapan atau proses yang mesti dilalui oleh perusahaan dalam melakukan rights issue. Berikut ini adalah langkah-langkah umum dalam pelaksanaan rights issue:

Yang pertama adalah pengumuman rights issue, kemudian penentuan rights issue, selanjutnya penentuan harga rights issue, menyusul kemudian Ex- rights date atau tanggal di mana saham yang dibeli setelah tanggal tersebut tidak lagi memiliki hak untuk mengikuti rights issue, menyusul kemudian adalah periode pelaksanaan (pemegang saham yang terdaftar akan menerima hak untuk membeli saham baru), selanjutnya pelaksanaan dan penerbitan saham baru setelah periode pelaksanaan selesai.

Dampak Rights Issue

Berikut adalah beberapa dampak dari dilaksanakannya rights issue:

1.  Harga saham: umumnya perusahaan yang melakukan rights issue akan turun setelah pengumuman dilakukan. Penurunan ini umumnya disebabkan oleh adanya perbedaan antara harga pasar lama dan harga rights issue yang biasanya harganya lebih murah.

2.  Dilusi kepemilikan: jika pemegang saham eksisting memilih untuk tidak menggunakan hak mereka untuk membeli saham baru, maka kepemilikan mereka di perusahaan akan terdilusi. Artinya adalah persentase kepemilikan mereka akan berkurang karena adanya tambahan saham baru yang diterbitkan.

3.  Struktur modal rights issue: modal rights issue meningkatkan ekuitas perusahaan, yang secara langsung memperbaiki struktur modal perusahaan. Tentu saja, rasio utang terhadap ekuitas yang lebih rendah, perusahaan sehat secara finansial dan menarik investor lebih banyak.

4.  Sentimen pasar:

Sentimen pasar bisa positif, bisa juga negatif tergantung tujuan dari korporasi dan keadaan keuangan perusahaan.

Pemahaman yang baik mengenai rights issue sangat penting bagi investor, karena keputusan untuk berpartisipasi atau tidak dalam rights issue dapat berdampak signifikan terhadap portofolio investasi. Selain itu, investor juga perlu mempertimbangkan tujuan penggunaan dana dari rights issue dan prospek bisnis perusahaan ke depan sebelum mengambil keputusan. Baca juga: Kupas Tuntas Saham Likuid dan Tidak Likuid: Pengertian, Ciri-Ciri, Keuntungan, dan Risiko

Loading...

Subscribe to receive free email updates: