Inilah Tiga Saham Yang Banyak Diborong Investor Asing di Kuartal Ke IV 2024

Memasuki kuartal ke IV tahun 2024 ini, investor asing semakin gencar dalam meningkatkan pembelian ke berbagai emiten besar di Indonesia. Tercatat ada tiga perusahaan besar yang dilirik oleh investor asing dalam meningkatkan porsi kepemilikan saham mereka. Tiga perusahaan besar itu adalah PT Astra International Tbk (ASII), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), dan PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA).

Berdasarkan data yang dirilis oleh otoritas bursa, asing mencatatkan aksi beli bersih (net buy) signifikan pada ketiga saham ini. Adapun nilai transaksinya adalah: ASII sebesar Rp. 409,9 miliar, ANTM sebesar Rp. 185,5 miliar, dan MDKA sebesar Rp. 135,2 miliar. Tren ini menunjukkan adanya  minat yang tinggi dari investor asing terhadap perusahaan-perusahaan berbasis sumber daya alam dan otomotif, yang diprediksi akan menjadi sektor-sektor strategis di masa depan.

PT Astra International Tbk (ASII) menjadi incaran utama bagi investor asing pada kuartal ke IV ini. Dengan pembelian mencapai Rp. 409,9 miliar. Hal ini mencerminkan optimisme pasar terhadap kinerja perusahaan otomotif terbesar di Indonesia tersebut. PT Astra International Tbk bergerak pada sektor aneka industri. Kegiatan utamanya meliputi perdagagan umum, perindustrian, jasa pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembagunan dan jasa konsultasi.

Penguatan saham Astra Internasional ini sejalan dengan prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diproyeksikan akan terus meningkat. Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, permintaan pada kendaraan bermotor akan terus menjadi salah satu pilar penting dalam perekonomian domestik. Pemulihan ekonomi pasca pandemi juga akan menggerek peningkatan konsumen untuk melakukan pembelian kendaraan baik di pasar otomotif maupun alat berat yang dibutuhkan di sektor konstruksi dan pertambangan.

Secara fundamental, perusahaan ini terus menunjukkan stabilitas yang baik. Laporan keuangan perseroan menunjukkan pertumbuhan laba bersih yang solid selama beberapa kuartal terakhir. Alasan inilah yang menjadikan Astra Internasional sebagai pilihan investor asing di kuartal ke IV ini. Baca Juga: Inilah Tips Menghindari Kerugian Dan Meraih Keuntungan Dalam Berinvestasi Di Saham!

Sementara PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) juga masuk dalam jajaran perusahaan yang sahamnya favorit investor asing. Dengan net buy mencapai 18,5 miliar, saham perusahaan tambang pelat merah ini menjadi pilihan utama di sektor pertambangan. Seperti diketahui, ANTAM dikenal sebagai salah satu produsen nikel terbesar di Indonesia, komoditas yang saat ini semakin mendapatkan perhatian dunia seiring dengan meningkatnya permintaan untuk keperluan baterai kendaraan listik atau electric vehicle (EV).

Proyeksi kedepan, permintaan akan nikel akan terus mengalami peningkatan, sehubungan dengan tren dunia yang menginginkan kendaraan ramah lingkungan. Produsesn mobil listik besar seperti Tesla dan BYD, sangat tergantung pada pasokan nikel untuk memproduksi baterai. Hal inilah yang membuat banyak kalangan melihat prospek cerah pada saham ANTAM.



Terakhir, PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) juga mencatatkan net buy signifikan dari investor asing di kuartal ke IV ini, yang mencapai Rp. 135, 2 miliar. Sebagai salah satu perusahaan tambang yang fokus pada eksplorasi dan produksi emas serta tembaga, Merdeka Copper Gold menjadi incaran karena emas dan tembaga diprediksi tetap menjadi komoditas strategis di tengah ketidakpastian ekonomi global.

Seperti diketahui, harga emas cenderung meningkat di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini, sementara tembaga terus dilihat sebagai komoditas yang penting untuk pembangunan infrastruktur serta transisi ke energi bersih. Perusahaan ini juga terus melakukan pengembangan tambang-tambang barunya, termasuk tambang tembaga dan emas di Banyuwangi, Jawa Timur. Baca Juga: Sektor Saham Yang Diprediksi Akan Manggung Di Akhir Tahun 2024! Kamu Punya Sahamnya?

Loading...

Subscribe to receive free email updates: