Begini 7 Cara Membangun Kekayaan Dari Investasi Saham

Bagaimana cara membangun kekayaan dari saham? Investasi saham merupakan salah satu investasi yang dalam beberapa tahun belakangan menjadi investasi populer dan menjanjikan. Banyak yang bermimpi untuk mendapatkan kekayaan dari investasi saham, namun tidak semua tahu bagaimana caranya. Seperti diketahui, investasi saham memang menawarkan keuntungan yang besar, tapi jangan lupa juga, kalau investasi saham memiliki risiko yang besar juga.

Berikut adalah panduan yang bisa Anda terapkan dalam membangun kekayaan dari saham:

Pertama: Memahami dasar-dasar investasi saham:

Tentu saja untuk membangun kekayaan dari saham, Anda terlebih dahulu harus memahami apa itu investasi saham. Seperti yang kita ketahui saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan. Jika Anda membeli saham, maka Anda sudah membeli sebagian kecil dari perusahaan tersebut, Jadi, apabila harga saham meningkat dan Anda menjualnya, maka secara otomatis, Anda akan mendapatkan keuntungan (capital gain) darinya, begitupun sebaliknya. Selain mendapatkan keuntungan dari capital gain, seorang investor juga mendapatkan keuntungan dari perusahaan yang membagikan keuntungannya melalui pembagian deviden.

Kedua: Membangun mentalitas investor yang tepat

Ada beberapa hal yang mesti dimiliki seorang investor jika ingin membangun kekayaan di saham yaitu:

1.      Kesabaran: sabar saat menunggu saham incaran menuju harga yang telah di tetapkan, sabar saat menunggu saham yang telah dibeli mencapai target harga yang telah diperhitungkan, dan sabar saat ingin menjual saham sehingga mendapatkan harga yang pas sesuai target jual.

2.      Jangan emosional: ini merupakan salah satu kesalahan terbesar para investor yang biasanya mudah terpancing emosionalnya ketika terjadi perubahan harga saham, baik saat naik, maupun saat harga saham turun. Pada saat naik, investor tanpa analisa lebih lanjut, langsung tersulut emosinya untuk menambah muatan lagi karena ingin mendapatkan keuntungan berlipat ganda, sehingga takut akan ketinggalan kereta. Pada saat harga saham turun, tanpa menganalisa lagi, langsung memutuskan menjual sahamnya karena takut sahamnya tambah anjlok.

3.      Berpikir jangka panjang: waktu membuktikan bahwa, dalam membangun kekayaan tidak bisa instan. Saham dalam jangka pendek sering naik dan turun. Untuk itu pentingnya memilih saham dari perusahaan yang kita yakini akan tumbuh dan menghasilkan lebih banyak keuntungan di masa depan.



Ketiga: Memilih saham yang tepat

Ini merupakan salah satu faktor terpenting dalam membangu kekayaan dari saham. Ada beberapa strategi yang dapat digunakan dalam memilih saham:

1.      Berdasarkan fundamental: dalam memilih saham yang dilihat adalah kinerja keuangan perusahaannya, seperti: pendapatannya, manajemen yang baik, laba bersihnya, rasio harga terhadap pendapatan, dan pertumbuhan perusahaan. Perusahaan yang memiliki kinerja keuangan yang baik, dalam jangka waktu tertentu akan berbanding lurus terhadap kenaikan harga saham, yang tentu saja akan memberikan keuntungan berupa capital gain bagi investor.

2.      Berdasarkan deviden: selain mengharapkan adanya keuntungan dari capital gain, investor juga bisa memperoleh keuntungan dari deviden. Jika anda pemburu saham deviden, maka pilihlah saham perusahaan yang konsisten membagikan deviden dengan jumlah besar.

Keempat: Manfaatkan teknologi dan informasi

Di zaman modern ini dengan berkembang pesatnya teknologi dan informasi tentu mudah bagi investor zaman sekarang untuk memanfaatkan berbagai platform investasi dan alat analisis yang tersedia untuk membantu kita membuat keputusan yang lebih baik. Selain itu, di zaman sekarang kita juga dengan mudah mendapatkan informasi berita ekonomi dan kebijakan pemerintah. Dengan mengikuti berita secara teratur, Anda bisa mendapatkan wawasan lebih baik tentang sektor-sektor yang sedang berkembang dan berpotensi memberikan keuntungan

Kelima: Menetapkan strategi investasi

Ada berbagai strategi yang bisa ditempuh dalam investasi saham, tergantung pada tujuan dan toleransi risiko: jika tujuan kita jangka panjang, tentu pilihlah saham perusahaan yang sehat dan bertumbuh. Seiring waktu, saham yang kita pilih ini akan memberikan keuntungan dari kenaikan harga saham dan pembagian deviden.

Bagi tujuan jangka pendek, pilihan saham biasanya didasarkan pada volatilitas, likuiditas tinggi, serta pergerakan harga yang cepat. Saham-saham seperti ini memungkinkan Anda untuk masuk dan keluar dari posisi dalam waktu singkat. Namun, perlu diingat strategi ini memiliki risiko yang sangat tinggi karena fluktuasi harga bisa sangat tidak terduga. Baca juga: Kupas Tuntas Saham Likuid dan Tidak Likuid: Pengertian, Ciri-Ciri, Keuntungan, dan Risiko

Keenam: Manajemen risiko dan diversifikasi

Salah satu kunci sukses membangun kekayaan dari saham adalah mengelola risiko dengan baik. Jangan pernah menginvestasikan seluruh uang Anda hanya di satu saham. Dengan melakukan diversifikasi, Anda dapat mengurangi dampak negatif dari fluktuasi harga di satu sektor.

Ketujuh: Disiplin dan evaluasi berkala

Ingat selalu untuk mengevaluasi portofolio Anda secara berkala. Pasar modal terus berubah, perusahaan yang semula bagus, bisa saja sewaktu-waktu mengalami penurunan. Untuk itu perlu penyesuaian portofolio yang sesuai dengan kondisi pasar terkini.

Selain itu, disiplin dalam mengikuti strategi investasi yang telah Anda tetapkan. Tetaplah fokus pada tujuan jangka panjang Anda. Baca juga: 6 Kriteria Lo Kheng Hong Dalam Memilih Saham Untuk Di Investasikan

Loading...

Subscribe to receive free email updates: