Sektor Saham Yang Diprediksi Akan Manggung Di Akhir Tahun 2024! Kamu Punya Sahamnya?

Sektor saham apa yang diperkirakan naik di akhir tahun 2024? Itulah pertanyaan yang paling sering diajukan investor akhir-akhir ini. Menjelang akhir tahun 2024, investor pasar saham tengah bersiap-siap untuk mengantisipasi sektor-sektor yang diprediksi akan manggung dan naik di Bursa Efek Indonesia. Dengan berbagai perkembangan ekonomi, teknologi, serta kebijakan pemerintah yang mendukung, beberapa sektor diperkirakan akan mengalami lonjakan signifikan, yang memberikan peluang emas bagi pelaku pasar yang jeli dalam membaca tren.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas sektor saham apa yang kami ‘prediksi’ akan manggung di akhir tahun 2024. Selalu ingat, ini hanya prediksi, lakukan analisa mendalam sebelum melakukan aksi beli atau jual saham!

1.  Sektor Industri Dasar dan Kimia

Pemerintah telah membahas persoalan lesunya permintaan keramik nasional. Langkah yang diambil dalam waktu dekat adalah rencana pemerintah menerbitkan bea masuk anti dumping (BMAD) dan diterbitkannya peraturan tentang Standar Nasional Indonesia pada produk keramik.

Seperti diketahui BMAD adalah tarif yang dikenakan oleh suatu negara pada barang-barang impor yang dianggap dijual dengan harga rendah dari nilai normalnya di pasar asalnya. Dumping dianggap sebagai praktik perdagangan yang tidak adil karena dapat merugikan industri domestik di negara yang mengimpor barang tersebut.

Adapun tujuan BMAD adalah untuk:

a.     Melindungi industri domestik dari persaingan yang tidak adil dengan produk impor yang dijual di bawah harga pasar.

b.    Menghentikan praktik dumping oleh produsen asing dengan memberikan sanksi berupa tarif tambahan.

Tentu saja dengan adanya kebijakan ini, diharapkan industri keramik di dalam negeri terlindungi dan mendapatkan angin segar. Kamu bisa menebak tidak, kira-kira emitem apa saja yang akan naik dengan kebijakan ini? 

2.  Sektor konsumer:

Tidak lama lagi akan ada pengumuman resmi tentang cukai r0k*k. Apakah cukainya naik apa tidak? Tapi kalau tidak ada kenaikan, kamu pasti menebak, perusahaan r*k*k akan sangat diuntungkan dalam hal ini.

Selain emitem di atas, di sektor konsumer juga ada emitem yang akan di untungkan karena untung kurs dikarenakan dolar Amerika yang turun. Apakah kamu bisa menebak emitem konsumer apa saja yang diuntungkan karena untung kurs ini?

3.  Sektor Properti

Baru-baru ini Bank Indonesia memangkas BI Rate 25 bps jadi 6%. Hal ini tentu saja kabar yang baik buat sektor properti, seperti yang kita tahu penurunan suku bunga umumnya dianggap baik untuk sektor properti karena beberapa alasan utama, yaitu: biaya pinjaman lebih rendah, akses kredit lebih mudah, dan terjadi peningkatan daya beli.



Dari banyaknya emitem properti di bursa efek Indonesia, bisakah Anda memprediksi emitem apa yang akan manggung di tahun 2024 ini?

4.      Sektor Keuangan

Sektor keuangan, utamanya perbankan, diperkirakan akan terus bertumbuh stabil pada tahun 2024 ini. Kondisi ekonomi yang membaik dan komsumsi domestik yang meningkat setelah pandemi memberikan ruang bagi perbankan untuk memperluas portofolio kredit. elain itu, inovasi di bidang fintech serta adopsi layanan keuangan digital oleh bank-bank besar akan mendorong efisiensi dan pertumbuhan laba. Investasi dalam layanan keuangan digital juga dapat memberikan keuntungan tambahan bagi sektor ini. Baca Juga: Saham Menurut Peter Lynch: Prinsip dan Strategi Investasi Saham yang Efektif

Loading...

Subscribe to receive free email updates: