Mana Yang Lebih Baik Antara Diversifikasi Atau All In Di Saham?

Dalam dunia investasi saham, keputusan untuk menyebar resiko atau fokus pada satu saham sering kali menjadi dilema utama. Bagaimana tidak, menyebarkan dana pada beberapa saham atau bahasa kerennya adalah diversifikasi seringkali membuat imbal hasil kurang memuaskan, sementara fokus pada satu saham atau all in menyimpan resiko yang tinggi. Lalu, yang mana kah lebih baik? Diversifikasi atau all in?

 Sebelum menjawab pertanyaan di atas, terlebih dahulu kita pahami tentang diversifikasi maupun all in di suatu saham. Diversifikasi saham adalah strategi investasi yang menyebarkan dananya dalam beberapa saham perusahaan dengan tujuan mengurangi risiko, Don’t put all your eggs in one basket merupakan pepatah populer yang menggambarkan betapa pentingnya diversifikasi. Jika Anda menaruh semua dana anda pada satu saham perusahaan tertentu, dan saham itu merugi, maka Anda akan mengalami kerugian besar. Diversifikasi membantu meminimalkan risiko tersebut.

Di lain sisi, all in pada satu saham berarti menempatkan semua dana pada satu saham perusahaan saja dengan tujuan memberikan imbal hasil yang sangat besar. investor kawakan Lo Kheng Hong pernah mengatakan kalau uang kita cuma sedikit, kalau kita ketemu satu saham yang bagus dan murah cemplungin aja semua uang kita tersebut. Tentu saja jika saham pilihan kita itu naik, maka kita akan mendapatkan potensi keuntungan yang tinggi.

Pentingnya Perhitungan Profit, Kerugian, dan Resiko Sebuah Saham


Selain memiliki keunggulan,  diversifikasi dan all in juga memiliki beberapa kelemahan. Diversifikasi umumnya memiliki imbal hasil yang lebih rendah dibandingkan strategi all in dan memerlukan banyak waktu untuk menganalisa beberapa saham yang dipegang. Sedangkan strategi all in memiliki potensi kerugian besar jika saham yang dipilih mengalami penurunan drastis dan tak jarang menguras emosi pemengang saham karena  semua dana terfokus pada satu saham yang menyebabkan kecemasan dan keputusan yang emosional, seperti menjual saham di waktu yang salah.

Lalu, yang manakah strategi yang lebih baik? Apakah diversifikasi atau justru all in?

Tidak ada jawaban yang pasti mengenai mana yang lebih baik. Hal ini tergantung pada profil risiko, tujuan investasi, dan preferensi masing-masing individu. Diversifikasi cocok untuk Anda yang menginginkan stabilitas dan perlindungan dari risiko besar, serta memiliki banyak waktu luang untuk menganalisis beberapa saham, sementara strategi all in lebih cocok bagi mereka yang bersedia mengambil risiko tinggi demi imbal hasil yang besar.

Investor yang lebih berhati-hati biasanya akan memilih diversifikasi untuk melindungi nilai portofolio mereka. Sebaliknya, investor yang memiliki keyaninan kuat pada satu saham tertentu dan bersedia menanggung risiko besar akan memilih strategi all in untuk mencapai potensi keuntungan yang lebih tinggi. Baca Juga: Inilah Tips Menghindari Kerugian Dan Meraih Keuntungan Dalam Berinvestasi Di Saham!

Loading...

Subscribe to receive free email updates: